Thursday, October 02, 2008

Usai Kursus Tiga Bulan, Fokus ke Kelas Sukarelawan?

Selesai sudah kursus tiga bulan yang tertunda-tunda saya ikuti. Dibayar tahun lalu, baru tujuh bulan kemudian bisa saya ikuti. Perjalanan yang cukup melelahkan, mesti memanggil ibu mertua, yang ternyata tidak bisa juga tuntas menemani anak-anak, ingin berhenti di tengah jalan lantaran anak-anak tidak ada yang menemani, akhirnya saya memilih opsi menitipkan Fadiya ke rumah teman yang jauhnya 20 menitan naik sepeda, sementara Fatimah mesti belajar sendiri di rumah, menunggu saya pulang. Hal yang cukup membuat saya khawatir dan terpecah konsentrasi selama di kelas. Tiap kali jam pulang Fatimah sudah tiba, saya menunggu-nunggu teleponnya, apakah sudah tiba di rumah dengan selamat.

Setelah ini, sepertinya saya akan memilih kelas sukarelawan saja. Kendalanya kemudian, kelas paling bagus, yaitu Rabu malam, sepertinya sulit saya ikuti, lantaran suami khawatir bila saya pulang malam, yaitu sekitar jam sepuluh. Opsi lainnya, minta suami jemput di stasiun setiap Rabu malam! Toh tidak akan lama, cuma sekitar 15 menitan. Selain kelas Rabu malam, saya bisa mengikuti kelas Jumat siang, yang mengizinkan para peserta membawa anak. Kelas sabtu juga bisa saya ikuti, ada dua kelas. Dengan demikian, dalam seminggu, saya bisa mengikuti 4 kelas, dengan total waktu belajar sekitar 8 jam. Lumayanlah, ditambah persiapan-persiapan sebelum berlangsungnya waktu belajar di kelas tersebut, yang tentunya akan memotivasi saya untuk belajar di rumah sebagai persiapan masuk kelas.

Desember nanti ikut ujian level dua lagi, saya optimis bisa lulus dengan baik, insya Allah. Untuk selanjutnya, mudah-mudahan ujian level satu di bulan tujuh tahun depan, bisa saya ikuti dan lulus dengan baik. Amin. Dengan demikian, impian saat blog ini saya buat, yang terasa terlalu jauh dan sulit saya capai, bukan lagi sekedar impian di siang bolong.

No comments: